. tentang fiksi dan cerita diri .

15 Tempat Nugas & Nongkrong Ala Mahasiswa #FreeWifi1

Sebagai seorang mahasiswa bangkotan a.k.a semester tua, kebiasaan hidup saya sekarang berubah. Dulu, saya selalu laper mata tiap liat lipstik yang shadenya cantik, atau baju lengan panjang lutchu. Saking lucunya, harus diketik pakai “tch”. Sekarang benda-benda itu rasanya jadi kurang menarik. Mata saya lebih melek ketika lewat di tempat yang tertempel stiker berbentuk mirip speaker atau TOA mesjid. Stiker FREE WIFI. I’m sure everyone loves internet. Tapi, bagi mahasiswa yang di rumahnya ga tersedia wifi (macam saya ini lah), simbol tadi punya daya tarik tersendiri.

Bagi saya, WIFI tidak jauh kaitannya dengan skripsi dan juga naskah. Jadi, bisa dibilang: Wifi = skripsi = naskah = I’m happy. Balalala~ *ala Baymax di Big Hero*. Kebetulan saya pecinta kopi, teh, dan es krim. 3 benda ini tidak bisa lepas dari hari-hari saya. Mereka bisa mengubah status bad day menjadi “Okay, I’m in a good mood now!”. Jadi, akan bahagia sekali rasanya jika saya bisa menikmati kopi/teh/es krim di tempat yang ada FREE WIFI nya, sambil mengerjakan skripsi atau naskah. Aaah, sempurna.

Oh ya, saya baru aja kelar KKN di Comal, Pemalang. Jadi, hampir 35 hari ini engga minum kopi kesukaan karena ketinggalan di rumah. Pas lagi pengen bikin, dibukalah kotak tempat nyimpen kopi. Ladalah, ternyata kopi Excelso saya tinggal beberapa sendok. Sebel rasanya. Padahal saya baru minum 3x doang. Tapi, setelah tahu siapa pelaku yang menghabiskan kopi saya selama sebulan ini, sebelnya jadi hilang. Ternyata pelakunya adalah Papa. Yang engga mungkin saya sebelin apalagi marahin karena udah ngabisin kopi saya diam-diam -_-. Akhirnya saya pergi ke tempat favorit, dan mojok buat nulis postingan ini. Yang dijabarkan di sini tentu sudah pernah saya kunjungi. Beberapa diantaranya sukses menjadi tempat favorit saya buat ngerjain tugas/skripsi, bikin naskah, atau sekedar menikmati me-time.

1. Perpustakaan Referensi Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro Tembalang (Lantai 2)
Bagi temen-temen mahasiswa, perpustakaan tentu bukan tempat asing buat didatengin. Yah, walau mungkin datengnya pas lagi butuh doang, sih :p. Perpus FEB sangat nyaman dan sikonnya mendukung buat ngerjain tugas atau skripsi. Colokan tersedia dimana-mana. Jadi, engga perlu khawatir laptop kalian bakal keabisan batere. AC dingin, pengharum ruangan wangi. Koneksi internet ada. Petugas ramah. Duduk di kursi bisa, lesehan pun oke. Lengkap deh, pokoknya. Kamu musti coba.

2. Ruang Hotspot Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (Gedung Laboratorium Lantai 3)
Kalau kalian mau ngerjain tugas kelompok yang perlu banyak diskusi, tempat ini jadi pilihan oke. “Apa bedanya sama perpus, kak?” Kalau di ruang hotspot kita bisa lebih bebas. Bawa makanan, diskusi, nonton film, atau dengerin musik diperbolehkan. Yang itu semua haram dilakukan kalau lagi di perpus. Tapi menurut saya, tempat ini kurang cocok buat ngerjain skripsi, sih. Karena orang-orang yang berada di tempat ini dibolehin buat berisik dalam batas yang sewajarnya. Kalau di perpus kan musti hening, tuh, jadi lebih cocok buat nyekripsweet. Uhm, tempat ini ACnya lebih dingin daripada di perpus, lho. Jadi, buat kalian yang lagi ada jam kosong dan gabut, tempat ini cocok buat jadi tempat ngadem sambil selonjoran (tempatnya full lesehan, btw). Selonjoran aja ya, jangan ketiduran. Kalo mau tidur mending balik kosan aja deh, hehe. Bagi kamu yang ga bawa laptop, bisa pakai PC yang ada di ruang hotspot. Tersedia open source Linux dengan beberapa distro, antara lain Red Hat, Mint, Ubuntu, dll. Buat yang ngerasa geek dan suka sama IT, banyak banget lho koleksi majalah IT disini. Lumayan baca majalah gratis (karena rata-rata harga majalahnya 40ribuan).

3. Ruang Laboratorium Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro (Lantai 3)
Disini udah banyak PC, guys. Kalian ga perlu ribet tenteng laptop kesana kemari. “Loh kak, kan datanya ada di laptop?” Wah gaes, ini udah jamannya cloud storage. Buat kalian yang terbiasa ngerjain tugas dengan bawa laptop terus. Coba kebiasaan ini pelan-pelan mulai diubah. Pertama, bawa laptop itu berat. Pundak kalian jadi mrengkel (apalah ini Bahasa Indonesianya). Belom kalo baterenya abis, musti cari colokan. Ribet deh pokoknya. Biasakan upload dan nyimpen file yang lagi temen-temen kerjakan di Google Drive atau Drop Box. Jadi, ga ada lagi alesan “Duh, file gue ada di laptop. Gue kan ga bawa laptop.” atau “Duh, datanya di flashdisk. Flashdisknya sekarang ketinggalan di rumah.” Tinggal buka Gdrive atau Dropbox. Download filenya. Beres dah. Saya pribadi memisahkan file yang berhubungan dengan skripsi dan naskah di dua folder yang berbeda di akun Gdrive. Jadi filenya rapih, ngerjain pun juga enak.

4. Legend Coffee, daerah Mugas (sebelah GOR Tri Lomba Juang Semarang)
Tempat nongkrong yang anak muda binggo. Kafe ini cuma 7 menit dari rumah saya. Lokasinya strategis. Buat yang pertama kali kesini engga bakalan nyasar, deh. Dulu, pertama kali muncul Legend Coffee di Yogyakarta. Deket sama sekolah adek saya di SD Masjid Syuhada Kotabaru. Bahasa gaulnya Spinkade alias Sekolah Pinggir Kali Code hahaha. Untung sekarang Semarang ga mau kalah update sama Jogja, akhirnya mereka buka cabang dimari. Tempatnya nyaman buat ngelaptop. Bisa milih duduk di kursi atau sofa gede. Bisa indoor, atau mau outdoor di bawah payung-payung. Disini ada wifi biasa dan juga wifi-id. Koneksinya cepat, kok. Pilihan makanannya buanyak banget. Termasuk pilihan kopinya. Mulai dari kopi yang latte-latte an, espresso, sampai kopi nusantara. Semua ada. Saya sampe bingung milihnya. Harganya termasuk murah (start from 10k) kalau dibanding kafe lainnya. Buat yang engga pengen ngelaptop, hiburannya bisa nonton HBO atau FOX karena LEDnya langganan tv kabel. Konsep kafe 24 jam yang banyak mainannya juga pas buat kalian yang ngaku gamers. Ada Xbox, Wii, PS3, sampe mainan kayak ding-dong ding-dong an gitu. Saya belom pernah coba, sih. Karena ga bareng temen, jadi males kalo nge-game sendirian.

5. Milken Kafe, Jalan Erlangga Barat Pleburan
Satu kalimat setelah kesini: “Susunya enak banget!”. Saya engga terlalu suka susu sapi. Tapi begitu saya minum susu disini, rasa eneg susu sapinya ilang sama sekali. Ampe ketagihan. Pilihan makanannya banyak banget. Waktu itu, saya pesen susu yang ada oreonya (lupa nama menunya). Gelasnya jumbo, plus pesen pancake yang porsinya ternyata lumayan banyak. Harganya engga mahal, kok. Start from 10ribuan. Koneksi internetnya juga cepet. Colokan ada di setiap sudut ruang. Jadi kalian bisa lama-lama buat nangkring di depan laptop.

6. Peacock Coffee
Awalnya, Peacock pertama kali buka di Jalan S. Parman Semarang. Pertama kali kesana, saya terpana karena....baristanya ganteng. Sungguh. Dua kali saya terpana karena...kopi disini bener-bener enak! Dengan harga per mug 25k untuk semua varian beverages, dengan rasa yang enak tentu saja ini worthed it. Setiap saya ke Peacock, ga pernah absen buat mesen Chocolate Waffle. Ini favorit saya setelah Moccacino, Cappuccino, Carmelito, Americano, Hazelnut Latte, dan Cookie Latte. Mojito nya juga seger banget. Banyak sekali favorit saya karena memang rata-rata kopi disini mantap. Harga foods cuma 10k aja. Ternyata Peacock juga buka cabang di Jogja. Jaraknya cuma 3 menit dari STM saya, SMKN 2 Yogyakarta. Saya bahagia karena Jogja sekarang ga kalah gawl sama Semarang (kebalikan sama Legend Coffee tadi ya, guys). Beruntungnya, sekarang Peacock buka cabang di Jalan Gajahmada yang bisa ditempuh cuma 2 menit dari rumah. Oya, cafe ini 24 jam gaes. Jadi jangan khawatir diusir sama mas-mas barista yang ganteng karena toko mau tutup. Saya pernah nongkrong disini sampe jam setengah 2 pagi gara-gara dikejar deadline tulisan. Recommended deh buat kalian yang lagi pengen nongkrong atau lagi pengen wifi-an aja.

7. J.Coffee Paragon
Buat rasa gausah diraguin lagi deh. Yang jelas lazis banget karena harganya juga “lazis” hehehe. Hampir gocab duit untuk ukuran large cup, itu udah termasuk PPN. Favorit saya adalah Cappuccino Avocado. Sumpah ini enak banget! Buat kalian yang lagi bete berat sangat disarankan buat minum ini. Jcoccino juga sedaap buat kalian yang doyan kopi pure. Gausah pesen donat kalo lagi ga pengen makan. Karena kalian bakal dapet free donut glaze.

8. Dunkin’ Donuts Hotel Amaris Pemuda
Tempatnya kecil, jadi ga perlu takut berisik seperti di Starbucks atau kedai kopi lainnya yang umumnya menyediakan tempat yang luas. Harga donat relatif sekitar 8k. Yang saya suka dari Dunkin’ adalah donatnya yang padat dan rasanya lebih kenyang di perut daripada merek pesaingnya. Apalagi nih tempat jadi satu sama Gramedia. Jadi habis hunting buku, biasanya mampir ke sini. Original black coffee nya nikmat banget kalo dipesen bareng Almond donut atau Hazelnut donut. Buat harga kopinya mulai dari 20k. Pilihan kopinya juga beragam, antara lain, original, espresso, cappuccino, sampai latte.

9. Indomaret Point Pandanaran
Tempat favorit buat nongkrong karna cuma butuh goceng duit buat beli sesuatu disini. Lebih murah lagi, kalian cuma butuh 3 ribu perak buat beli air yang bisa bikin fokus. Bonusnya wifi-an sepuasnya karena tempat ini terbuka 24 jam. Buat yang suka ngemil, banyak banget pilihan snack di Indomaret Point. Yang enak adalah semacam churros dengan bumbu asin yang bisa dipilih (BBQ, balado, atau keju) dan makanan mirip risol gitu tapi dalemnya melted kalo di mulut, nikmat tak tertahankan. Sekarang di Indomaret Point juga ada menu berat buat kalian yang emang pengen makan nasi atau makanan yang bikin kenyang.

10. KFC Coffee Pandanaran
24 jam kafe yang engga pagi, siang, sore, malem, sampe dini hari pun antriannya naudzubillah panjangnya. Saya heran apa emang orang-orang Semarang kalo begadang semuanya nongkrong di KFC ato gimana. Kopinya engga terlalu banyak pilihan disini, tapi tempatnya asyik buat nongkrong karena harga terjangkau dan juga strategis. Ada juga menu donuts sama moon cake dengan harga 8k. Buat yang pengen makan berat, tinggal jalan 5 langkah udah sampe di “KFC yang sesungguhnya”. Menu goceng jadi menu favorit karena harganya yang murah dan juga lumayan buat ganjel perut.

11. McD Pandanaran / McD ADA Banyumanik
Selalu ada tempat cozy buat nongkrong sambil nugas. Salah satunya McD. Saya yakin hampir setiap orang udah pernah makan di McD, jadi menu-menunya udah ga asing lagi. Hash Brown dan Mc Flurry selalu jadi andalan saya kalo lagi nugas. Saking demennya sama McFlurry, biasanya saya pesan sampe 2 cup L gendats lah jadinya. Sepotong Hash Brown dan Mc Flurry udah cukup buat saya pas lagi “ngemekdi”. Yah, walau sebenernya laper. Tapi apalah daya kalo kantong lagi cekak. Kalo lagi modal dikit biasanya saya pesen Double Cheese Burger. Ga akan ada yang nolak buat burger yang satu ini.

12. Perpustakaan Daerah Jawa Tengah, Jalan Sriwijaya
Woow! Saya engga nyangka Semarang punya perpus bagus kaya gini. Petugasnya welcome. Dateng-dateng saya langsung disambut mbak-mbak manis. Rupanya dia tahu kalo saya baru dateng pertama kali. Jadi doi langsung ngehadang saya gitu. Padahal saya udah pede banget masuk nyelonong langsung mau naek ke tangga, biar dikira sering dateng kesini hahaha. Oh rupanya, mbak manis ini nyegat saya buat nulis di buku tamu di LED touchscreen. Setelah tanya kesana kemari, saya langsung naek ke Ruang Layanan Koleksi Dewasa yang ada di lantai dua. Perpus ini terbagi ke dalam beberapa ruangan, antara lain ruang yang tadi saya sebutkan, Ruang Berkala yang isinya majalah-majalah, dan Ruang Dewasa dan Fiksi Dewasa. Buku-bukunya komplit. Tempatnya dingin. Tempat buat bacanya banyak. Koneksi internetnya wow. Cocok sekali untuk mahasiswa nugas atau nyekripsweet yang lagi butuh tempat tenang dan konsentrasi tinggi. Buat jadi member, tinggal turun ke lantai 1. Isi biodata via formulir registrasi dan juga lewat software komputer. Tinggal tunggu 3 menit, nanti dipanggil sama petugas buat foto dan cetak kartu anggota. Langsung deh jadi kartunya. Semua fasilitas disini free. Aktivitas di perpus dilayani setiap hari, ga ada liburnya loh. Salut deh buat para petugas PerpusDa *dicurhatin ibu-ibu yang jaga karna tiap hari masuk kerja*. Kalo boleh kasih saran, interior perpustakaan bisa dipercantik dengan warna-warna dan wallpaper atau gambar yang menarik. Supaya orang-orang betah ke perpus. Dan kesan kuno, bulukan, berdebu dari sebuah perpustakaan bisa hilang di image masyarakat. Perpus Jawa Tengah bisa mencontoh Perpus Yogyakarta dalam hal design ruang dan interior tempat.

13. Tong Tji Tea House
Buat yang engga doyan kopi, Tong Tji merupakan pilihan yang tepat buat nongkrong. Cabangnya banyak banget di Semarang. Tapi saya lebih suka di Citraland Mall sama HOM Hotel Pandanaran. Teh Sereh hangat selalu bisa jadi teman yang pas buat santai dan rileks pikiran. Banyak sekali pilihan teh disini mulai dari yang es hingga yang hangat. Snack nya juga yummy banget loh. Mendoan di Tong Tji bener-bener bikin saya ketagihan. Ga perlu rogoh kocek dalam buat nongkrong or nugas disini. Cukup ceban aja kalian udah bisa nikmatin segelas teh Tong Tji ukuran large.

14. Florian Ice Cream Mataram, Jalan MT. Haryono
Hello pecinta es krim! Disini tempat kalian buat manjain lidah dengan manisnya es krim. Berbagai macam menu es krim bisa dicobain. Saya lupa nama menunya apa. Yang jelas rasanya enak karena Florian udah terkenal dari jaman saya masih kecil (atau papa saya masih kecil). Colokan listrik ada di setiap meja, jadi bisa betah ngelaptop lama-lama. Harganya standar kafe es krim, kok. Tempatnya nyaman banget dengan interior yang sweet dan bikin perasaan kamu nyaman. Ada juga mini library dengan berbagai macam komik mulai dari Naruto, Doraemon, Paman Gober, dan juga pilihan novel.

15. Stove Syndicatte Ngesrep Tembalang
Yang enak dari Stove adalah waffle nya yang wow rasanya. Jadi favorit banget deh tiap kemari. Banyak banget pilihan waffle mulai dari yang rasa standar macem coklat, strawberry, hingga yang lagi hitz macem green tea. Kopinya banyak banget pilihan. Interior dan tempatnya bikin pengen lama-lama nongkrong disini. Untuk harga, standar harga kafe mulai dari 20k buat kopinya.


Sekian 15 tempat buat nugas dan nongkrong ala mahasiswa/anak muda. Bakal dilanjut ke update-an #FreeWifi2. See yaa.

1 komentar :

  1. kalo gue ngerjain skripsi di tempat makan gitu malah makanannya yang masuk.. :v

    BalasHapus