. tentang fiksi dan cerita diri .

Ngurangin Lemak di Badan dengan Jogging! #1Day1Dream



source: LeFunny.net


Sedih kalo inget habis nimbang, trus lihat angka timbangan yang semakin merangkak ke atas. Omegat seriusan berat badan saya sekarang 59 kg??! Saya sendiri masih nggak percaya kalo nginget kemaren habis nimbang. Kalo di ilmu marketing, itu angka psikologis. Sama aja kaya 60 kg. Saking nggak percayanya, sampe cerita ke orang-orang kalo diri ini naek 4 kg. Emang sih, waktu itu sempet kepikir statement, "Ah kan aku nimbangnya pas habis makan malem, jelas aja 59 kg." Tapi yang jelas, pikiran ini udah was-was banget. Ga mau overweight, soalnya lebih banyak negatifnya daripada positifnya. Terutama dari sisi kesehatan.

Dengan tinggi badan 160 cm, berat 59 kg memang belum termasuk overweight. Tapi, kenaikan dari 55 kg ke 59 kg dalam tempo yang lumayan singkat, bikin parno sendiri. Secara, angka segitu udah mendekati angka kritis. Kenapa angka kritis? Karena nanti efeknya bakalan: mager, kurang gerak, males ngapa-ngapain, depan gadget mulu, cepet ngantuk, ujungnya ga produktif, dan ini yang paling berbahaya: bikin penyakitan!

Padahal, dulu saya termasuk orang yang "kuat" kalo disuruh lari. Nilai ujian olahraga lari saya selalu di atas 80 dan selalu dapet A. Awal semester 1-3, karena kuliah belum begitu padet, saya masih sempetin tuh jogging rutin. Seminggu paling nggak minimal 2 kg. Dan terbukti, badan jadi kenceng dan rasanya bugar. Jarang sakit. Lebih kerasa seger, dan tidur jadi lebih berkualitas. Nggak kaya sekarang, mau tidur aja insom, gara-gara terlalu sering begadang. Dan efek yang paling nakutin kalo begadang itu.... rasa lapar menyerang di malam hari. Ya jelas nakutin banget lah, nggak ngeluarin kalori, tapi malah dimasukin asupan gizi. Habis itu dipake buat tidur pula. Jadi kan ga ada pembakaran dalam tubuh. Hasilnya malah lemak jahat pada nambah di tubuh :(

Pernah waktu itu aku iseng buat jogging. Saking lamanya ga jogging, bener-bener nyiksa banget. Belom setengah puteran udah berhenti. Ngos-ngosan. Jadinya kaya gini



Makanya sekarang mau niatin jogging lagi. Supaya lemak-lemak di badan pada hilang. Badan jadi beratnya ideal dan proporsional lagi. Target balik ke awal aja, antara 54-55 kg aja. Soalnya kalo kurang dari itu juga malah nggak baik. "Jadi cewe jangan terlalu slim", kata Papa Mama sih gitu hehehe. Oktober 2015 semoga udah balik ke berat badan semula lagi ya!

Biar semangat, mau kasih gambar ini ah


Sumber: cendiceruns.files.wordpress.com, photos-ak.sparkpeople.com



































2 komentar :

  1. sama saya juga udah naik nih kiloan,, soalnya baju-baju pada gak muat,, jadi takut kalau mau nimbang,, >.<
    semangat ya buat joggingnya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya hawa musim dingin bikin pengen makan mulu ya. Semangatt juga nurunin kiloannya!:)

      Hapus