. tentang fiksi dan cerita diri .

“Anak Ekonomi kok nggak punya bisnis!” #1Day1Dream

           src: http://i0.wp.com/webhostmu.com/media/bisnis-online.png?resize=602%2C376



Sebelum adanya Blogging Project: #1Day1Dream ada, saya sudah menuliskan apa yang ingin saya lakukan di postingan blog yang ini. Walaupun disitu sangat ringkas, karena hanya saya sendiri yang paham dengan detail dan timeline pencapaiannya. By the way, thanks for my older post. Setidaknya saya bisa lebih cepat merumuskan mimpi jauuh lebih detail. Dan yang jelas, ga bakal keluar “jalur”
Ada beberapa yang sudah saya capai, jadi buat tantangan hari kedua ini otomatis nulis yang belum tercapai ya :)

Oh ya, sebelumnya mau curhat dulu dong. Beberapa bulan terakhir ini saya merasakan hidup yang tidak produktif. Kuliah - pulang - suwung - bingung - kuliah - pulang - suwung - bingung - dst. Setiap hari seperti itu. Bayangin aja bosennya kaya apa. Glundung-glundung ga jelas di kasur, maen hape, dengerin lagu, makan, bobok, hoahm banget lah rasanya. Ternyata gini ya rasanya mager. Rasanya badan jadi linu semua.
Saya justru kangen sama aktivitas saya yang dulu. Kuliah - rapat - ngeproject - kumpul - garap tugas (Ini enggak sengaja kok ditulis di bagian terakhir. Suer). 
Rasanya seru abis. Badan gerak semua. Otak diputer terus buat mikir. Bahagia aja, gitu.

Karena sekarang kondisi saya kesepian suwung, maka saya harus cari kegiatan lagi yang produktif. Ini salah satunya: Bikin usaha!
“Anak Ekonomi kok nggak punya bisnis!” Begitu ledekan orang tua saya.

Setelah saya pikir-pikir, bener juga sih. Kan saya anak Fakultas Ekonomika dan Bisnis, jurusan Manajemen pula. Ya  masa teorinya mau dibuang begitu aja? Kalo ilmunya enggak dipake, aturan daridulu saya masuk Fakultas Sastra aja ato Fakultas Teknik sekalian (Plis move on dong).

Kenapa saya pilih bikin bisnis?
1. Karena saya masih muda, tenaga saya masih banyak. Saya juga belum berkeluarga, jadi saya belom punya beban buat mikirin suami, apalagi menafkahi anak. (Itu nanti aja 4 tahun lagi hehe)
2. Karena saya sudah semester 5. Artinya saya sebentar lagi lulus
3. Karena saya anak FEB, dan tergabung dalam organisasi Kelompok Mahasiswa Wirausaha. Yamasa nggak punya bisnis?
4. Karena saya sudah punya ilmunya. Tapi belum nyoba prakteknya
5. Karena saya masih mahasiswa, setidaknya bisa banyak konsultasi sama dosen, bisa pedekate sama orang-orang yang lebih dahulu expert. Kalo salah nggak papa. Kalo malu-maluin juga nggak papa. Jenenge yo iseh mahasiswa~
6. Karena saya masih mahasiswa, saya punya market, yaitu teman-teman saya sendiri
7. Karena sehabis lulus nanti, saya ingin memiliki bisnis yang survive dan sustainable (Read: bertahan dan berkesinambungan)
8. Senggaknya jangan jadi useless ilmunya karena saya sudah terlanjur "kecemplung" di Ekonomi

Jadi, itu semua mau dimulai kapan lagi, kalau bukan sekarang?!


Oke, oke. Udah tahu kalo emang waktunya harus sekarang. Terus mau bikin bisnis apa, dong?

Nah, itu sendiri yang bakal saya bahas.
Saya sedang membangun, ehmm.. lebih tepatnya lagi mengembangkan bisnis yang sudah ada. Bisnis yang dahulu sempet macet dan belum berkembang. Bahasa ekonominya lebih mirip-mirip sama akuisisi. Tapi yang ini bukan akuisisi lho ya. Cuma mirip aja.

Bisnis ini bergerak di bidang seni dan kerajinan. Seperti membuat undangan, packaging, hantaran pengantin, handycraft, souvenir, trus macem benda-benda buat gift yang unik-unik lainnya. By the way, saya saat ini sedang on progress bikin business plan nya lho! Doakan saya ya! :D
Buat target, bulan November 2015 aja ya. Setiap bulan minimal dapet 2 project, karena bisnis ini mainnya orderan. Bismillah November 2015, bisnis ini udah berjalan dan udah bisa menghasilkan. Menghasilkan yang enggak melenceng dari bisplan. Tapi kalo melencengnya di peningkatan profit mah, saya ga bakal nolak :)

4 komentar :

  1. Waduh, anak ekonomi kok nggak punya bisnis? Ayo tunjukin kak kalau kakak bisa punya bisnis! :D

    BalasHapus
  2. Amiiin, semoga November bisnis udah berjalan dengan baik.

    Aku juga pengen sih punya bisnis sendiri, cuman gitu. terbentur sama modal. atau aku yang kurang usaha. :(

    BalasHapus
  3. manceebb mbaakk, ditunggu nih kabar dibulan november 2015 nya :D

    BalasHapus